Sunday, 26 January 2020
Follow Us

Merupakan salah satu situs sejarah dari peradaban masa lalu dimana kuburan tua ini merupakan tempat pemakaman para leluhur dari warga suku Seso yang meninggal saat terjadi perang antar suku melawan suku Ngada dan Nagekeo dari Kabupaten Ngada.

Orang-orang yang dikuburkan di bukit Watu Nggene merupakan panglima perang dan prajurit yang gagah berani mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh. Salahsatu pemimpin pasukan yang terkenal bernama Nggene yang juga dimakamkan di tempat ini. 

Dengan demikian kompleks pemakaman ini dikenal kuburanWatu Nggene. Situs ini berada di Desa Watu Nggene, Kecamatan Kota Komba. Situs Watu Nggene Merupakan kuburan dari nenek moyang Suku Sesso yang berada di Wae Lengga. Di atas kompleks pemakaman ini ditanami puluhan menhir dari batu-batu megalitikyang berbentuk pipih, lancip dan berukuran tinggi sekitar satu hingga dua meter. Sebagian batu

ini berdiri tegak dan sebagian lagi dibiarkan membentang di atas gundukan tanah. Ukuran tinggi batu yang dipakai disesuaikan dengan status sosial dari pemiliknya. Semakin tinggi batu menhir yang dipakai, menunjukan strata sosial yang lebih tinggi. Tidak ditemukan adanya tulisan atau penanda lain pada batu-batu tersebut yang menunjukan identitas pemilik dari kuburan yang ada di bawah batu tersebut atau kompleks pemakaman ini. Satu-satunya sumber informasi hanya diperoleh dari ceritera warga setempat yang dikisahkan secara turun temurun. Situs ini berada di sebuah bukit kecil, yang dulu menjadi tempat pertempuran dengan suku Keo dari Kabupaten Ngada dalam upayamempertahankan wilayah. Selanjutnya tempat ini dijadikan kuburan para korban perang dari nenek moyang SukuSesso. Dari atas bukit dimana Situs Kuburan Watu Nggene ini berada, di bagian timur terlihat panorama alam yang sangat indah yaitu terdapat teluk aimere dengan laut yang teduh dan Gunung Inerie yang berbentuk kerucut menyerupai piramid. Kompleks pemakaman ini telah dipagari dengan besi yang melintang dan tiang tembok yang berdiri tegak menyanggahnya. Perjalanan mengunjungi Situs Kuburan Watu Nggene dapat

ditempuh dari Borong dengan jarak 35 dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan berkendaraan. Letaknya cukup strategis karena hanya berjarak 250 meter dari jalur utama Trans Flores dan sangat dekat dengan obyek wisata pantai Mbalata dan Pantai Wae Wole.

 


Newsletter Subscribe

Subscribe now and receive the weekly newsletter from us!

Please enable the javascript to submit this form